Berita

Images

Festival Hortikultura 2021

Pada hari Senin tanggal 20 Desember 2021 Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Ir. Sri Jaya Midan, MP beserta Unsur Forkopimda menghadiri Acara Festival Holtikultura, bertempat di Kebon Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu, Desa Parakan Kecamatan Kiarapedes.

Acara festival hortikultura tahun 2021 yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya peningkatan produksi sayur dan buah di Kabupaten Purwakarta serta penyebarluasan teknologi budidaya hortikultura kepada pihak petani, pelaku agribisnis hortikultura, pengambil kebijakan, akademisi dan masyarakat

Bupati Purwakarta menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, karena Kebun Ambu di Kiara Pedes ini perkembangan inovasi yang mengkolaborasikan antara pertanian, pendidikan dan pengembangan wisata walaupun dalam keadaan masa pandemi Covid-19

Acara ini merupakan salah satu perwujudan dari upaya Kabupaten Purwakarta dalam pengembangan hortikultura melalui kerjasama dengan PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang sudah berjalan kurang lebih 1 (satu) tahun.

Pada tahun 2021 subsektor hortikultura di Kabupaten Purwakarta mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa Rumah Produksi Higienis sebanyak 2 unit yaitu Desa Salem Kecamatan Pondok Salam dan Desa Wanawali Kecamatan Cibatu, Kumbung Jamur sebanyak 1 unit di Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru, Kawasan Cabai 30 Hektar di Desa Cilingga Kecamatan Darangdan, Kawasan Bawang Merah seluas 30 Hektar di Desa Bojong Timur Kecamatan Bojong, Kawasan Durian 20 Hektar di Desa Salem dan Tanjung Sari Kecamatan Pondok Salam, Kawasan Alpukat 10 Hektar di Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Kawasan Lengkeng 10 Hektar di Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur, Kendaraan Roda Tiga sebanyak 4 unit di Desa Salem, Cibingbin, Babakan dan Pasir Munjul, Bantuan Solar Dyer (Alat Pengering Komoditas Perkebunan) di Desa Wanayasa dan Cihanjawar Kecamatan Bojong.

Diharapkan kedepannya, Kebun Asset Pemda ini menjadi salah satu destinasi pariwisata yang berbasis Agroeduwisata, serta menjadi sarana peningkatan ekonomi mikro masyarakat setempat yang bekerjasama dengan DKUPP. ( https://www.instagram.com/prokompimpurwakarta/p/CXsVF5Vptot/?utm_medium=copy_link )

Baca selengkapnya..
Images

GELAR PANEN KEGIATAN PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) DINAS PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN PURWAKARTA

Gelar Panen Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) merupakan bazar untuk memfasilitasi pemasaran untuk kelompok penerima kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Kegiatan ini salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok P2L. Sedangkan tujuan utama kegiatan P2L adalah untuk peningkatkan konsumsi sayuran di tingkat rumah tangga.

Baca selengkapnya..
Images

Festival Manggis 2021

Talk Show Festival Manggis bersama Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta live streaming Acara On Air Youtube jam 10.00 s/d Selesai WIB Narasumber : 1. IR. SRI JAYA MIDAN, MP 2. ACEP YULI MULYA,S.Sos 3. FEBY ALI DZUHRI, S.Si.Kom Host : 1. SALMAN AL FARISI

SHOW LESS

Baca selengkapnya..
Images

SOSIALISASI WEBSITE DINAS PANGAN DAN PERTANIAN

Sosialisasi Website Dinas Pangan dan Pertanian dihadiri langsung oleh Plt. Kadis Pangan dan Pertanian Ir. Sri Jaya Midan, MP. dan seluruh pegawai di masing - masing bidang pada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta.

"Teknologi pertanian perlu diberikan perhatian lebih menindak lanjuti tuntutan zaman di era revolusi industri 4.0" sesuai pemaparan Ir. Sri Jaya Midan, MP.  

Dalam pertemuan ini Dispangtan sudah memiliki media keterbukaan informasi secara publik yang dapat menginformasikan seluruh kegiatan ataupun pemberitaan berkaitan dengan pertanian di Daerah Kabupaten Purwakarta secara mandiri dengan melalui website pertanian.purwakartakab.go.id

Pada pertemuan juga dibahas mengenai tata cara pengoperasian penggunaan website tersebut secara detail dan dilakukan penunjukkan langsung oleh kepala dinas sebagai pengelolaan website.

Baca selengkapnya..
Images

KUNJUNGAN DIRJEN PERBENIHAN KEMENTERIAN PERTANIAN DALAM RANGKA PEMBANGUNAN AGROEDUWISATA PERBENIHAN

Prokompim (1 Pebruari 2021) Bertempat di ruangan Sekretaris Daerah hari ini Drs. Iyus Permana MM menerima kunjungan Dirjen Perbenihan Kementrian pertanian dalam rangka pembangunan Agroeduwisata perbenihan hortikultura yang akan di bangun di lokasi Tajug Gede Cilodong.

Baca selengkapnya..
Image
Image

Copyright 2022 Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta