PENYERAHAN BANTUAN ALSINTAN TRAKTOR RODA 2 OLEH PJ. BUPATI PURWAKARTA

  • Beranda
  • PENYERAHAN BANTUAN ALSINTAN TRAKTOR RODA 2 OLEH PJ. BUPATI PURWAKARTA
Image

PENYERAHAN BANTUAN ALSINTAN TRAKTOR RODA 2 OLEH PJ. BUPATI PURWAKARTA

06 JUNI 2024

PJ. BUPATI PURWAKARTA BERSAMA DANDIM 0619 BESERTA KEPALA DINAS PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN PURWAKARTA DAN JAJARAN SECARA SIMBOLIS MENYERAHKAN BANTUAN ALSINTAN KEPADA KELOMPOK TANI, PADA KESEMPATAN KALI INI DISERAHKAN SEBANYAK SEBANYAK 33 UNIT TRAKTOR RODA DUA KEPADA KELOMPOK TANI YANG ADA DI KABUPATEN PURWAKARTA.

PANGAN MERUPAKAN KEBUTUHAN DASAR YANG SANGAT PENTING BAGI MANUSIA. KEBUTUHAN PANGAN TERUS MENINGKAT SEIRING DENGAN PERTUMBUHAN JUMLAH PENDUDUK. KONDISI PANGAN SAAT INI TERANCAM AKIBAT DAMPAK KEMARAU PANJANG (EL NINO). KEMENTERIAN PERTANIAN MENGANTISIPASI DARURAT PANGAN AKIBAT KEKERINGAN MELALUI KEGIATAN PERCEPATAN TANAM. KEGIATAN INI TELAH DITETAPKAN MELALUI KEPUTUSAN MENTERI PERTANIAN NOMOR 194/KPTS/OT.050/M/03/2024 TENTANG SATUAN TUGAS ANTISIPASI DARURAT PANGAN.

KEGIATAN ANTISIPASI DARURAT PANGAN DIDUKUNG DENGAN PERLUASAN AREAL TANAM (PAT) DAN PENINGKATAN INDEKS PERTANAMAN (PIP) MELALUI POMPANISASI DAN IRIGASI PERPOMPAAN. POMPANISASI DAN IRIGASI PERPOMPAAN DILAKUKAN DENGAN MEMANFAATKAN SAWAH TADAH HUJAN YANG MEMILIKI SUMBER AIR PERMUKAAN YANG BERASAL DARI SUNGAI, MATA AIR, DANAU DAN SUMBER AIR LAINNYA DILUAR SISTEM IRIGASI TEKNIS.

UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PAT DAN PIP INI DIPERLUKAN BANTUAN ALAT DAN MESIN PERTANIAN BERUPA POMPA AIR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR DAN TRAKTOR UNTUK PERCEPATAN OLAH TANAH. DENGAN ADANYA BANTUAN ALSINTAN INI MAKA DIHARAPKAN DAPAT MENJADI SARANA DALAM MELAKUKAN PERCEPATAN TANAM UNTUK MENGANTISIPASI KEKERINGAN PADA LOKASI SAWAH TADAH HUJAN.

SAWAH TADAH HUJAN DI KABUPATEN PURWAKARTA BERDASARKAN DATA DARI KEMENTERIAN PERTANIAN SECARA KESELURUHAN SELUAS 6.857 HA AWALNYA MENJADI TARGET DARI KEGIATAN PAT MELALUI POMPANISASI DAN IRIGASI PERPOMPAAN INI. NAMUN TARGET SELUAS TERSEBUT DIREVISI MENJADI SELUAS 3.667 HA. KEGIATAN TERSEBUT DI DUKUNG DENGAN BANTUAN YANG TELAH DITERIMA KABUPATEN PURWAKARTA POMPA SEBANYAK 125 UNIT  YANG MERUPAKAN USULAN DARI KELOMPOK TANI, DAN 18 UNIT MERUPAKAN BRIGADE ALSIN DINAS PANGAN DAN PERTANIAN YANG DIPINJAM PAKAI UNTUK KELOMPOK TANI YANG MASIH MEMBUTUHKAN NAMUN BELUM TERAKOMODIR. DAN TAMBAHAN BRIGADE ALSIN KODIM 0619 PURWAKARTA SEBANYAK 150 UNIT YANG AKAN DI DISTRIBUSIKAN KE MASING-MASING KORAMIL.

PEMERINTAH MELALUI KEMENTERIAN PERTANIAN JUGA MEMBERIKAN STIMULUS BERUPA BANTUAN BENIH PADI UNTUK KABUPATEN PURWAKARTA SEBANYAK 6.000 HA (150 TON). DAN BANTUAN INI MASIH BERLANJUT SECARA BERTAHAP SAMPAI BULAN DESEMBER. TENTUNYA DENGAN TUJUAN UNTUK MELAKUKAN PERCEPATAN TANAM DAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS.

PUPUK MERUPAKAN SALAH SATU FAKTOR PRODUKSI. ALOKASI PUPUK BERSUBSIDI TAHUN 2024 AWALNYA SEBANYAK UREA 7.775 TON DAN NPK SEBANYAK 4.155 TON. HAL INI JELAS SANGAT KURANG TIDAK MEMENUHI REKOMENDASI PEMUPUKAN SEHINGGA ADA PENAMBAHAN MENJADI UREA MENJADI 13.401 TON DAN NPK MENJADI 9.880 TON MAKA DENGAN PENAMBAHAN ALOKASI TERSEBUT AKAN TERPENUHI.

MELALUI KEGIATAN POMPANISASI, BANTUAN ALSINTAN TRAKTOR, BANTUAN PUPUK BERSUBSIDI DAN BANTUAN BENIH PADI, LUAS PERTANAMAN PADI KABUPATEN PURWAKARTA DI LAHAN SAWAH TADAH HUJAN KEADAAN SAMPAI DENGAN TANGGAL 5 JUNI 2024 DARI TARGET 3.667 HA SUDAH TERTANAM MENCAPAI 2.825 HA ATAU 77%.HAL INI DIMAKSUDKAN UNTUK MEMPERCEPAT PENGOLAHAN TANAH DALAM RANGKA PERCEPATAN TANAM SEHINGGA DAPAT MENGURANGI BIAYA PRODUKSI.

Copyright 2024 Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta