Produktivitas Panen Padi Rendeng Purwakarta Naik

  • Beranda
  • Produktivitas Panen Padi Rendeng Purwakarta Naik
Image

Produktivitas Panen Padi Rendeng Purwakarta Naik

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan petugas lapangan melaksanakan ubinan panen padi di Desa Sindanglaya Kecamatan Sukatani.  Pada kesempatan ini diperoleh hasil produktivitas panen di lokasi ini sebesar 7,34 ton per hektar Gabah Kering Giling (GKG).  Varietas padi yang ditanam merupakan jenis super genjah yaitu Cakrabuana Agritan dengan umur panen 78 hari setelah tanam.

Ubinan panen merupakan salah satu metode memprediksi produktivitas panen per satuan luas hektar dari plot sampel ukuran 2,5 meter x 2,5 meter.  Sejak awal Februari menjelang puncak panen raya padi musim rendeng, seluruh petugas Penyuluh Pertanian dan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) melaksanakan pendampingan panen padi di lahan usaha petani dengan juga melaksanakan sampel ubinan panen padi.  Hingga saat ini diperoleh data ubinan panen padi dari sebanyak 151 titik sampel dari 17 kecamatan dengan produktivitas rata-rata 7,12 ton per hektar GKG dengan produktivitas terendah 4,2 ton per hektar GKG dan produktivitas tertinggi 11,18 ton per hektar GKG.

Produktivitas Panen Padi Rendeng Purwakarta Naik

Produktivitas panen padi musim rendeng tahun 2023 kali ini diperkirakan naik 6,5% dibandingkan pada saat puncak panen musim gadu tahun lalu (Juli-Agustus 2022).  Pada musim panen gadu diketahui rata-rata produktivitas panen padi sebesar 6,68 ton per hektar GKG dengan produktivitas terendah 4,59 ton per hektar GKG dan produktivitas tertinggi 8,53 ton per hektar GKG.

Dengan adanya penetapan harga acuan pembelian gabah atau beras melalui Surat Edaran Kepala Badan Pangan Nasional Nomor 47/TS.03.03/K/02/2023 tentang Harga Batas Atas Pembelian Gabah atau Beras, diperkirakan ini akan memberikan jaminan harga bagi petani.

Copyright 2024 Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta