Panen Musim Gadu di Purwakarta Menjaga Ketersediaan Pangan

  • Beranda
  • Panen Musim Gadu di Purwakarta Menjaga Ketersediaan Pangan
Image

Panen Musim Gadu di Purwakarta Menjaga Ketersediaan Pangan

16 Juli 2023 Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bersama Muspida serta di dampingi Kepala OPD melaksanakan Panen Musim Gadu di Blok Cikadu Desa Taringgul Tengah Kecamatan Wanayasa.Beliau mengapresiasi setinggi-setingginya atas terlaksananya acara gerakan panen padi gadu tahun 2023 di Kabupaten Purwakarta.
Dalam paparannya menyampaikan bahwa terdapat seluas 149 hektar lahan yang ditanami padi, dimana 80 hektar lahan tersebut ditanami padi nutrizinc. Padi Nutrizinc ini merupakan salah satu upaya dan komitmen Pemerintah Daerah dalam rangka penanganan gizi terutama untuk anak-anak yang terkena Stunting.
Adapun luas lahan padi di Desa Taringgul Tengah Kecamatan Wanayasa ini yaitu sekitar 10 hektar. Diharapkan acara panen padi musim gadu ini dapat berjalan lancar sehingga kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi.


Bupati Purwakarta mengapresiasi setinggi-tingginya dan berterima kasih kepada Kepala Dispangtan beserta jajaran, Petugas PPL dan POPT, seluruh petani yang telah berjuang keras, serta berperan aktif dalam mencapai kesuksesan panen padi musim gadu ini. Terus pertahankan semangat gotong royong dan sinergi antara petani, pemerintah, dan masyarakat dalam mewujudkan pertanian yang berkelanjutan dan sejahtera.

Puncak panen padi gadu ini diperkirakan pada bulan Juli-Agustus dan menjamin ketersediaan pangan pokok beras hingga akhir tahun.
Dalam rangka menjaga ketersediaan pangan, Pemerintah Daerah membuat irigasi primer di 3 (tiga) titik dan irigasi sekunder di 60 titik Se-Kabupaten Purwakarta, termasuk di wilayah Kecamatan wanayasa.
Selain itu, dalam rangka mencukupi segala kebutuhan petani, Pemerintah Daerah melalui Dispangan, DPMD, Disdukcapil beserta stakeholder terkait akan melakukan rapat koordinasi untuk membahas dan menindaklanjuti “kartu tani”. Kartu tani ini merupakan salah satu syarat petani mendapatkan bantuan dari pemerintah, seperti bantuan pupuk.

Copyright 2024 Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta