Festival Hortikultura 2021

Image

Festival Hortikultura 2021

Pada hari Senin tanggal 20 Desember 2021 Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratna Mustika didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Ir. Sri Jaya Midan, MP beserta Unsur Forkopimda menghadiri Acara Festival Holtikultura, bertempat di Kebon Percontohan Agroeduwisata Kebon Ambu, Desa Parakan Kecamatan Kiarapedes.

Acara festival hortikultura tahun 2021 yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya peningkatan produksi sayur dan buah di Kabupaten Purwakarta serta penyebarluasan teknologi budidaya hortikultura kepada pihak petani, pelaku agribisnis hortikultura, pengambil kebijakan, akademisi dan masyarakat

Bupati Purwakarta menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, karena Kebun Ambu di Kiara Pedes ini perkembangan inovasi yang mengkolaborasikan antara pertanian, pendidikan dan pengembangan wisata walaupun dalam keadaan masa pandemi Covid-19

Acara ini merupakan salah satu perwujudan dari upaya Kabupaten Purwakarta dalam pengembangan hortikultura melalui kerjasama dengan PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta yang sudah berjalan kurang lebih 1 (satu) tahun.

Pada tahun 2021 subsektor hortikultura di Kabupaten Purwakarta mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian berupa Rumah Produksi Higienis sebanyak 2 unit yaitu Desa Salem Kecamatan Pondok Salam dan Desa Wanawali Kecamatan Cibatu, Kumbung Jamur sebanyak 1 unit di Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru, Kawasan Cabai 30 Hektar di Desa Cilingga Kecamatan Darangdan, Kawasan Bawang Merah seluas 30 Hektar di Desa Bojong Timur Kecamatan Bojong, Kawasan Durian 20 Hektar di Desa Salem dan Tanjung Sari Kecamatan Pondok Salam, Kawasan Alpukat 10 Hektar di Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong, Kawasan Lengkeng 10 Hektar di Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur, Kendaraan Roda Tiga sebanyak 4 unit di Desa Salem, Cibingbin, Babakan dan Pasir Munjul, Bantuan Solar Dyer (Alat Pengering Komoditas Perkebunan) di Desa Wanayasa dan Cihanjawar Kecamatan Bojong.

Diharapkan kedepannya, Kebun Asset Pemda ini menjadi salah satu destinasi pariwisata yang berbasis Agroeduwisata, serta menjadi sarana peningkatan ekonomi mikro masyarakat setempat yang bekerjasama dengan DKUPP. ( https://www.instagram.com/prokompimpurwakarta/p/CXsVF5Vptot/?utm_medium=copy_link )

Copyright 2022 Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta