MENYONGSONG 2017 DISTANHUTBUN BERTEKAD WUJUDKAN KEMANDIRIAN PANGAN

Category:
admin10-ajax.php

Purwakarta (30/12), Kemandirian Pangan adalah kemampuan produksi pangan dalam negeri yang didukung kelembagaan ketahanan pangan yang mampu menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup ditingkat rumahtangga, baik dalam jumlah, mutu, keamanan, maupun harga yang terjangkau, yang didukung oleh sumber-sumber pangan yang beragam sesuai dengan keragaman lokal.

Untuk mendukung pembangunan pertanian, diperlukan optimalisasi peran SDM pertanian (birokrasi dan pelaku usaha) yang profesional, kreatif, inovatif, dan berwawasan global yang memiliki ketrampilan, pendidikan, dan berorientasi pada hasil dan nilai tambah produk pertanian.

Demikian hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Purwakarta Ir. H. Agus Rachlan Suherlan, MM, saat memimpin apel dengan seluruh jajaran pegawai Distanhutbun Purwakarta, Kamis (29-12-2016).

Peran SDM yang dimaksud, Jelas Agus, dengan melakukan perubahan paradigma dari pendekatan produksi ke pendekatan produk agribisnis yang bernilai tambah. Karena itu, pihaknya melakukan revitalisasi tenaga penyuluh pendamping petani yang notabene sebagai garda terdepan kemajuan pertanian yang semakin hari jumlahnya semakin menurun. Apabila peran penyuluh ditingkatkan, diyakini akan mampu mengatasi permasalahan pertanian terutama dalam meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan petani.whatsapp-image-2016-12-29-at-09-58-16

Agus Rachlan mengajak para penyuluh dan seluruh stake holder di bidang pertanian untuk kembali menyamakan persepsi dan komitmen dalam pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Purwakarta

Selain menyamakan persepsi, Agus juga turut mengajak untuk meningkatkan harmonisasi kerja antar instansi dalam menyusun konsep kebijakan dan strategi pembangunan pertanian yang lebih bersifat partisipatif, melaksanakan gerakan penyuluhan di setiap tingkatan yang dapat mendukung sistem agribisnis, serta meningkatkan sinergitas dan koordinasi pelaksanaan program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) di Kabupaten Purwakarta.

Sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional, yang tidak hanya memberikan andil terhadap ketahanan pangan, tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian secara menyeluruh. “Baik menyangkut pendapatan petani itu sendiri, pendapatan daerah, maupun penyerapan tenaga kerja,” ujarnya.

Atas dasar tersebut, maka pembangunan bidang pertanian merupakan salah satu prioritas utama yang di laksanakan di Kabupaten Purwakarta, yang antara lain dilakukan melalui program yang bersifat lokal kabupaten, maupun melalui program-program yang berasal dari pemerintah propinsi dan pemerintah pusat. “Dalam hal ini, berdasarkan potensi yang ada maka pembangunan pertanian di kabupaten Purwakarta dititik-beratkan pada sub sektor tanaman pangan (padi dan palawija), hortikultura, perikanan serta peternakan,” imbuhnya.

TAGS: