LAUNCING EKSPOR MANGGIS PURWAKARTA DAN TEMU TEKNIS PENYULUH DAN PETANI ANDALAN

Category:
index6

Purwakarta, Rabu 27 Februari 2019 Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta bersama Kementerian Pertanian RI yang dalam hal ini diwakili olek Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI Bpk. Syukur Iwantoro melauncing Ekspor manggis Purwakarta ke Tiongkok.

Bertempat di Tajug Gede Cilodong, Desa Cibungur, Bungursari, Purwakarta. Pada ekspor kali ini Kabupaten Purwakarta mengirim buah manggis ke Tiongkok sebanyak 3.010 ton. Pelepasan Ekspor Manggis ini dilakukan pada Acara Temu Teknis Penyuluh dan Petani Andalan.

Dalam Acara tersebut dihadiri juga oleh Dirjen Hortikultura Kementan, Bpk. Suwandi, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Bpk. Sarwo Edi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Bpk. Momon Rusmono, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, Bpk. Hendi Jatnika, Sekretaris Daerah Purwakarta, Bpk. Ius Permana dan Kepala Dinas Pertanian Purwakarta, Bpk. Agus R Suherlan

index2

Temu teknis ini mengusung teman “Temu Teknis Penyuluh dan Petani untuk Mewujudkan Petani Hebat, Maju dan Makmur” menghadirkan 10.000 petani, Penyuluh, santri tani, siswa SMK Pertanian dan mahasiswa perguruan tinggi pertanian yang berasal dari 5 Kabupaten di Jawa Barat, yaitu Purwakarta, Subang, Cianjur, Karawang, dan Indramayu.
Acara Temu Karya Penyuluh dan Petani Andalan bertujuan sebagai media tukar informasi antar pelaku pertanian dari berbagai Kabupaten yang berkumpul dalam acara ini, dan untuk memberikan motivasi kepada generasi petani milenial bahwa kegiatan pertanian masih memiliki prospek yang baik bila dikelola secara profesional
Menurut Ir. Agus R. Suherlan, MM (Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta) bahwa Purwakarta memiliki topografi yang cocok untuk budidaya tanaman hortikultura, salah satunya manggis. Luas Tanaman Manggis di Purwakarta sebanyak 1.400 Ha dengan jumlah populasi 155.000 pohon yang tersebar lima kecamatan sentra sayuran dan buah-buahan antara lain adalah wanayasa, kiarapedes, bojong dan Darangdan.
Hasil gambar untuk manggis wanayasa

Kabupaten Purwakarta memiliki Manggis Wanayasa yang menjadi komoditas hortikultura unggulan kebanggan Kabupaten Purwakarta. Manggis Purwakarta sudah diakui secara resmi dan telah ditetapkan menjadi Varietas Manggis Khas Purwakarta Melalui KEPMENTAN No. 571/Kpts/SR.120/9/2006. Karekteristik Maggis Wanayasa berbentuk bulat warna kulit merah keunguan, mudah dibuka, daging halus tidak berserat dan rasa manis asam.index7

Dalam acara tersebut juga terdapat Show Windows Padi Gogo Binaan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta. lahan yang dimanfaatka di Aeral Tajuk Gede sebesar 5.600 Ha dioptimalkan dengan budidaya Padi Gogo yang terdiri dari 99 Varietas dan merupakan bentuk Padi Gogo dan merupakan bentuk kerja sama dengan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Sukamandi.

index3  index4

TAGS: