DINAS PANGAN DAN PERTANIAN BERIKAN PENYULUHAN KETAHANAN PANGAN PADA KEGIATAN BHAKTI MANUNGGAL SATATA SARIKSA

Category:
WhatsApp Image 2017-05-23 at 7.55.53 AM

Jatiluhur, (22/5). Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

Penyelenggaraan Pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan. Ruang Lingkup Ketahanan Pangan Meliputi Ketersediaan, Distribusi/ Akses, dan Konsumsi dan Sudah Menjadi Tugas dan Kewajiban Dinas Pangan dan Pertanian untuk Menjaga aspek untuk kebutuhan Pangan masyarakat khususnya di Kabupaten Purwakarta.

ketahanan pangan1

Baru-Baru ini Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dengan Kodam III/Siliwangi melakukan Komitmen untuk Kerjasama di bidang pembangunan infrastruktur dalam program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) maupun Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS). sebagai tindak lanjut maka Kodim 0619 Purwakarta bergandengan dengan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Melaksanakan Kegiatan Penyuluhan pada Kegiatan Bhakti Manunggal Satata Sariksa (BSMSS). Kegiatan ini dimaksud agar masyarakat memahami Penting nya Ketahanan Pangan untuk Ketahanan Negara.

content_WhatsApp-Image-20161005_8_content_WhatsApp-Image-20161005_4_

Meningkatnya Konsumsi Pangan Masyarakat dari tahun ke tahun adalah hal yang tidak bisa di hindari, salah satu faktor disebabkan oleh Peningkatan Laju Penduduk, meningkatnya taraf perekonomian masyarakat juga berpengaruh terhadan perubahan pola konsumsi masyarakat.

konsumsi

Menurut Agus R. Suherlan (Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Purwakarta) salah satu Program dalam menjaga Ketahanan Pangan adalah dibangunnya Lumbung-Lumbung Pangan Masyarakat atau dalam istilah sunda dikenal ‘Leuit’. Menurut Agus Lumbung Pangan atau Leuit Di saat musim kemarau nanti, keberadaan lumbung pangan di suatu desa sangat penting peranannya, terutama disaat menghadapi paceklik karena ketersediaan pangan berkurang.

Disampaikan juga Kodim 0619 Purwakarta dan Dinas Pangan dan Pertanian selama beberapa tahun terakhir telah menjalani kerjasama di Bidang Pertanian dalam mengawal Swasembada Beras di Purwakarta. berbagai kegiatan dan tantangan telah kita hadapi bersama, dalam mengawal Luas Tanam dan serapan Gabah di Purwakarta demi Terjaminnya ketersedian Pangan di Purwakarta, pungkasnya.

ketahanan pangan2ketahanan pangan3

TAGS: