Dialog Umum Peningkatan Mutu Pertanian dan Gerakan Tanam Padi Gogo

Category:
WhatsApp Image 2019-03-06 at 11.09.55

WhatsApp Image 2019-03-06 at 09.50.48

PURWAKARTA, 6 MaretĀ  2019 DINAS PANGAN DAN PERTANIAN KABUPATEN PURWAKARTA BERHASIL MENDATANGKAN 1.500 PETANI DARI SELURUH KECAMATAN DI KABUPATEN PURWAKARTA DALAM RANGKA DIALOG UMUM PENINGKATAN MUTU PERTANIAN. BERTEMPAT DI AREA TAJUG GEDE CILODONG BUNGURSARI. TUJUAN DILAKSANAKAN ACARA INI ADALAH DIHARAPKAN PETANI KABUPATEN PURWAKARTA HARUS LEBIH MAJU DAN SEJAHTERA DARI SEKARANG MELALUI BANTUAN YANG SUDAH BANYAK DIBERIKAN OLEH PEMERINTAH BAIK MATERIAL MAUPUN FINANSIAL; 2. MEMBERDAYAKAN SELURUH DAYA DAN UPAYA UNTUK MENINGKATKAN TARAF HIDUP PETANI. 3. PENINGKATAN SKALA USAHA TANI DENGAN MEMBENTUK KELEMBAGAAN EKONOMI PETANI DAN MEMPERKUAT KELEMBAGAAN PETANI YANG SUDAH ADA. PADA ACARA INI DIHADIRI OLEH SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PURWAKARTA,

DALAM ACARA INI DIHADIRI OLEH SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PURWAKARTA IUS PERMANA, DAN KEPALA DINAS PANGAN DAN PERTANIAN Ir. AGUS R. SUHERLAN, MM., PARA KEPALA DESA DAN TOKOH MASYARAKAT DI 17 KECAMATAN DAN PETANI SE-KABUPATEN PURWAKARTA.

WhatsApp Image 2019-03-06 at 09.51.00 WhatsApp Image 2019-03-06 at 09.50.58

MENURUT KEPALA DINAS PANGAN DAN PERTANIAN Ir. AGUS R. SUHERLAN, MM “KEBERHASILAN PEMBANGUNAN PERTANIAN SANGAT DITENTUKAN OLEH DUKUNGAN NYATA SEMUA PIHAK PEMANGKU KEPENTINGAN, BAIK PEMERINTAH, MASYARAKAT TANI SELAKU PELAKU UTAMA MAUPUN PIHAK LAINNYA. DALAM ERA PEMBANGUNAN YANG SEMAKIN KOMPLEK, PETANI DIHADAPKAN PADA TANTANGAN YANG SEMAKIN BESAR DALAM KETERKAITAN USAHA TANI DENGAN BERBAGAI ASPEK LINGKUNGAN YANG MEMPENGARUHI SERTA PERSAINGAN DALAM PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN SUMBERDAYA, DALAM HAL INI PETANI DITUNTUT UNTUK LEBIH BERDAYA DALAM PENINGKATAN SUMBERDAYA MANUSIA PETANI MENJADI PETANI YANG MANDIRI DAN BERPERAN DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL:.

SAAT INI KABUPATEN PURWAKARTA BERPERAN SEBAGAI PEMASOK BAHAN PANGAN UNTUK DAERAH JABODETABEK DAN KEBERADAAN PASAR INDUK CIKOPO SANGAT MENDUKUNG PEMASARAN HASIL PERTANIAN. KONDISI TERSEBUT IDEALNYA DAPAT MEMBUAT PETANI DI KABUPATEN PURWAKARTA DAPAT LEBIH MAJU, SALAH SATU CARANYA ADALAH DENGAN MENCIPTAKAN KELEMBAGAAN YANG SOLID DAN KUAT. KELEMBAGAAN TANI YANG KUAT ADALAH KELEMBAGAAN YANG TERBENTUK DARI RASA KEBERSAMAAN DAN KEBUTUHAN UNTUK MAJU BERSAMA. YANG DIRASAKAN SAAT INI, KELOMPOK TANI BELUM BERPERAN SECARA OPTIMAL. KELOMPOK TANI SEBAIKNYA TIDAK HANYA BERPERAN SEBAGAI PENERIMA BANTUAN SAJA TETAPI HARUS DAPAT BERDAYA DAN MANDIRI.

UPAYA LAINNYA ADALAH MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PERTANIAN, TIDAK HANYA PADA KOMODITAS PADI, TETAPI JUGA PADA SELURUH KOMODITAS POTENSIAL DI KABUPATEN PURWAKARTA SEPERTI SAYURAN DAN BUAH-BUAHAN (MANGGIS DAN DURIAN), KOMODITAS PERKEBUNAN (TEH, PALA DAN CENGKEH). DENGAN MENINGKATKAN PENGGUNAAN SARANA PRODUKSI DAN PEMILIHAN BENIH UNGGUL TENTUNYA DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS DAN KUANTITAS PRODUK PERTANIAN KITA.

REGENERASI PETANI JUGA MENJADI SALAH SATU PERHATIAN PENTING. KARENA BAPAK IBU PETANIĀ  YANG HADIR SAAT INI HARUS MULAI MENDIDIK GENERASI SELANJUTNYA AGAR MAU DAN DAPAT MELANJUTKAN PROFESI PETANI YANG SANGAT MULIA.

LUAS KEPEMILIKAN DAN GARAPAN PETANI UMUMNYA SANGAT TERBATAS,TETAPI PETANI KABUPATEN PURWAKARTA HARUS TETAP DAPAT SEJAHTERA DENGAN MENINGKATKAN USAHA SECARA BERKELOMPOK. MAKA UNTUK PARA PETANI YANG BELUM BERGABUNG DENGAN KELOMPOK TANI, MARI BERGABUNG DALAM KELOMPOK AGAR DAPAT LEBIH MAJU DAN SEJAHTERA BERSAMA. KARENA DENGAN BERKELOMPOK, PETANI AKAN LEBIH MUDAH MENDAPATKAN INPUT TEKNOLOGI DAN DAPAT MEMASARKAN PRODUK PERTANIAN DENGAN LEBIH BAIK.

KEMITRAAN ANTARA KELOMPOK TANI DENGAN INSTANSI TERKAIT BAIK INSTANSI PEMERINTAH MAUPUN NON PEMERINTAH, DALAM BERBAGAI ASPEK, MENJADI SANGAT PENTING. KEMITRAAN DALAM PENINGKATAN USAHA TANI DAPAT DILAKUKAN DENGAN PIHAK SWASTA/KETIGA SEHINGGA KELOMPOK TANI DAPAT MENJADI MITRA USAHA BINAAN. MELALUI BIMBINGAN DAN PEMBINAAN DARI PIHAK KETIGA DIHARAPKAN KELOMPOK TANI DAPAT MANDIRI DAN BERKEMBANG BERSAMA MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTANYA.

DALAM ACARA INI JUGA DILAKSANAKAN SIMBOLIS PENANAMAN PADI GOGO KELOMPOK TANI SAUYUNAN DECA CIKOPO KECAMATAN BUNGURSARI BERSAMA UNSUR PEMERINTAH KABUPATEN PURWAKARTA DAN TIM KODIM 0619 PURWAKARTA.

WhatsApp Image 2019-03-06 at 09.50.55 WhatsApp Image 2019-03-06 at 09.50.53 WhatsApp Image 2019-03-06 at 09.50.44 WhatsApp Image 2019-03-06 at 06.51.48

 

 

TAGS: